Kebiasaan Memberi Tip di Berbagai Negara Eropa

Pembahasan kita sekarang yaitu Kebiasaan Memberi Tip di Berbagai Negara Eropa. Sementara memberi tip adalah adat bagi masyarakat Amerika Serikat, hal tersebut kadang tidak berlaku di negara lain. Bahkan di beberapa negara seperti contoh Cina dan Jepang, memberikan tip pada orang lain atas jasa yang mereka beri malah justru dianggap sebagai hal yang menyinggung perasaan.

Kebiasaan Memberi Tip di Berbagai Negara Eropa

Kebiasaan Memberi Tip di Berbagai Negara Eropa

Sebelum mulai meninggalkan rumah untuk bepergian ke negara lain, ada bainya mempelajari adat dan kebiasaan masyarakat di berbagai negara terutama negara tujuanmu, termasuk kebiasaan memberikan tip. Berikut ini beberapa kebiasaan memberi tip di negara-negara Eropa tujuan wisata favorit.

Austria

Saat berada di restoran biaya tambahan pelayanan (service charge) biasanya secara otomatis akan langsung ditambahkan. Akan tetapi di Austria juga merupakan hal yang umum dalam memberikan tambahan di luar tagihan (umumnya kamu bisa memberi sekitar 10% atau di bawahnya). Untuk pedoman memberi tip lainnya ikuti saja kebiasaan di Amerika yang ada di awal artikel.

Prancis

Service charge 15% akan selalu disertakan dalam setiap tagihan restoran atau bar tagihan. Perlu diingat bahwa tip di luar biaya tersebut tidak diharapkan. Namun, jangan ragu untuk meninggalkan tambahan 5 atau 10 persen untuk mengapresiasi layanan yang baik. Di sebuah cafe, sisihkan sedikit uang jika kamu ingin memberikan sedikit bonus ekstra bagi pelayan. Untuk para sopir taksi kamu bisa memberi mereka satu atau dua Euro sebagai tip.

Polinesia Prancis

Memberi tip bukanlah kebiasaan di sini jadi jangan merasa berkewajiban untuk itu. Akan tetapi tidak jarang orang meninggalkan tip untuk setiap pelayanan yang baik.

Jerman

Service Charge secara otomatis akan disertakan dalam tagihan restoran yang kamu kunjungi, tapi sudah jadi hal umum untuk membulatkan setiap tagihan atau sekedar meninggalkan tambahan mulai 5% sampai 10% untuk pelayanan yang memuaskan. Tip untuk sopir taksi adalah 5% sampai 10% dari tagihan, beri pelayan restoran atau cafe 1 Euro dan tinggalkan satu atau dua Euro per hari untuk pelayan hotel tempatmu menginap

Italia

Memberi tip di Italia tidak wajib dilakukan, biaya layanan restoran sering kali sudah dimasukkan dalam total tagihan. Beri $1 kepada pelayan dan tip secukupnya untuk para sopir taksi.

Demikian info tentang Kebiasaan Memberi Tip di Berbagai Negara Eropa, kami harap artikel kali ini bermanfaat untuk Anda. Kami berharap artikel ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *