Kiat untuk Mengatur Perencanaan Keuangan buat Traveling

Topik kita kali ini adalah kiat untuk mengatur perencanaan keuangan buat traveling. Sedari dini kamu harus menganggarkan dana yang memang dibuat khusus untuk traveling. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu kebutuhan yang lain. Ketika mendapat pemasukan, maka kamu dapat langsung membaginya menjadi dua, satu untuk kebutuhan bulanan, satu untuk yang memang akan digunakan untuk traveling.

Kiat untuk Mengatur Perencanaan Keuangan buat Traveling

Kiat untuk Mengatur Perencanaan Keuangan buat Traveling

Sebaiknya pada saat awal menerima gaji atau pemasukan bulanan, kamu sudah melakukan ini, karena bila dilakukan pada saat kamu sudah menghabiskan uang untuk belanja kebutuhan sehari-hari, tak jarang malah tidak ada uang yang tersisa. Pembuatan anggaran khusus untuk traveling ini bisa kamu lakukan dengan pembuatan dua rekening, satu rekening untuk sehari-hari, yang lainnya khusus untuk tabungan biaya traveling.

Jika takut anggaran untuk traveling terpangkas, maka kamu bisa membuka dua rekening. Satu rekening memang khusus untuk kamu gunakan untuk mengakomodir kebutuhan sehar-hari, dan rekening lainnya khusus untuk menyimpan tabungan yang kelak akan digunakan untuk traveling. Kamu sebaiknya juga tidak membuat kartu ATM untuk rekening yang kedua ini supaya uang di dalamnya tidak dapat kamu ambil secara mudah.

Tabungan berjangka, merupakan solusi yang juga bisa kamu pilih sebagai jembatan yang dapat mengantarkanmu mimpimu jalan-jalan ke luar negeri. Walapun terkesan konvensional, cara ini dianggap cukup efektif. Tabungan berjangka merupakan sebuah produk yang ditawarkan dari bank, dimana di mana nasabah menyetorkan sejumlah dana yang jumlahnya tetap tiap bulan, selama periode yang sudah ditetapkan.

Lamanya menabung dan jumlah dana yang rutin disetorkan bisa diatur sesuka hati, sesuai dengan yang ditawarkan pihak bank. Setelah jatuh tempo, tabungan baru bisa diambil, tentunya dengan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Kalau kamu memilih cara yang ini, waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan biaya akan lebih singkat, karena kamu sudah terikat dengan deadline untuk menyetorkan uangmu di bank.

Selain itu, bila kamu pengguna kartu kredit, kamu bisa meminimalisir penggunaan kartu kredit untuk traveling agar tidak terjadi pembengkakan anggaran. Jika memutuskan menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, jangan lupa untuk selalu membayar lunas tagihan yang akan datang. Perlu diingat pula bahwa kurs mata uang sangat berpengaruh bila menggunakan kartu kredit dan jangan terkejut dengan tagihanmu nantinya. Itulah mengapa alokasi anggaran sangat dianjurkan.

Estimasi Biaya Traveling

Tak hanya keuangan saja yang harus direncanakan, tapi estimasi biaya untuk semua kebutuhan juga mutlak dilakukan. Salah satunya adalah transportasi. Kamu bisa sering-sering nongkrongin situs maskapai penerbangan, mencari tiket promo yang sering ditawarkan.

Nah, ini bisa digunakan sebagai strategi untuk mendapat tarif pesawat yang murah meriah. Kamu bisa melakukan pemesanan tiket secara online beberapa bulan sebelumnya, atau setahun sebelumnya. Karena pemesanan tiket dari jauh-jauh hari bisa memberikan potongan harga yang khusus. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan benefit dari kartu kredit yang kamu gunakan, untuk mendapatkan potongan harga tiket atau bahkan tiket penerbangan gratis.

Selain tiket pesawat dan modal transportasi lainnya, hal yang harus diperhitungkan adalah biaya akomodasi atau hotel. Sama halnya dengan biaya transportasi, hotel pun sering memberikan harga spesial bila kita memesan dari jauh-jauh hari. Sebaiknya memang kamu harus lebih rajin mengecek web penyedia penginapan di luar negeri.

Sekian info terkait dengan Kiat untuk Mengatur Perencanaan Keuangan buat Traveling, kami harap post ini bermanfaat buat teman-teman semua. Kami berharap post ini disebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *