Negara Bebas Visa untuk Backpacker Indonesia

Di artikel ini kami akan jelaskan perihal negara bebas visa untuk backpacker Indonesia. Menurut keterangan dari sebuah lembaga yaitu International Air Transport Association (IATA) sebagai asosiasi penerbangan dunia, menghimpun database Timatic yang berisi ketentuan paspor, visa dan kesehatan. Dalam penelusuran detikTravel, Rabu (16/4/2014), paspor untuk Indonesia ampuh dipakai di 53 negara tanpa mengajukan visa.

Negara Bebas Visa untuk Backpacker Indonesia

Negara Bebas Visa untuk Backpacker Indonesia

Bayangkan guys 53 negara siap menerima kalian para backpackers untuk datang tanpa harus pusing memikirkan masalah visa. Karena, ada negara yang membebaskan visa atau memberlakukan visa on arrival untuk wisatawan Indonesia biasanya diperoleh di bkamura kedatangan.

Ada juga kondisi khusus seperti China. Ke China butuh visa, namun traveler Indonesia bebas visa ke Hong Kong, Macau dan Hainan. Hong Kong, Macau dan Hainan, tidak masalah kan jika harus mengurus visa sekali namun bisa bebas berkeliaran di tiga negara yang menjadi tujuan wisata di dunia itu.

Nah, khusus yang bebas visa sepenuhnya atau bisa di bilang you are free to go, ada 19 negara di dunia yang memberlakukan hal itu untuk traveler asal Indonesia dari ketentuan visa. Sebagian besar yang meberlakukannya seperti yang sudah kita ketahui bersama adalah merupakan negara-negara anggota ASEAN

Misalnya Malaysia, Singapura dan Thailand, liburan ke sana bisa bebas visa selama 30 hari, dengan masa berlaku paspor minimal 6 bulan. Brunei Darussalam agak berbeda, bebas visanya hanya 14 hari dengan masa berlaku paspor minimal 6 bulan. Nah, selain yang ada di ASEAN, ada beberapa negara lain yang bebas visa untuk turis Indonesia. Beberapa adalah negara yang jauh di Benua Amerika atau Afrika, namun tetap membebaskan visa bagi traveler asal Indonesia.

Negara Amerika

Beberapa negara di Amerika yang membebaskan aturan visa bagi wisatawan dari Indonesia di antaranya adalah Kolombia, Ekuador, dan Haiti. Masih ingat dong, sewaktu buronan KPK M Nazaruddin yang lari ke Kolombia. Tak heran, karena Kolombia bebas visa meskipun sangat jauh dari Indonesia. Jangan-jangan bapak Nazaruddin waktu menjadi buronan karena kasus korupsi melarikan diri ke Kolombia dengan cara backpacking ya. Nggak nyangka pak Nazaruddin ternyata seorang backpackers juga.

Kerennya berarti kita sebagai backpackers Indonesia bisa pergi ke negara-negara amerika latin seperti Kolombia, Ekuador, dan Haiti tanpa harus pusing memikirkan visa untuk bisa tinggal disana beberapa saat, ini jelas sangat mendukung perjalanan seorang backpackers yang tentunya ingin berpergian tanpa harus ribet dan tentunya tanpa kebutuhan akan budget yang mahal.

Nah selain negara-negara yang dari Amerika latin yang sudah di jelaskan diatas masih banyak negara-negara lain yang bisa dijadikan tujuan untuk para backpackers Indonesia yang seneng banget bertualang ke negara-negara orang.

Pertama di negara-negara yang menjadi anggota dari bagian ASEAN ada Brunei Darussalam (14 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan), kemudian disusul oleh Kamboja dengan aturan bebas visa seperti 30 hari atau masa berlaku paspor minimal 6 bulan.

Untuk di negara-negara di daerah Amerika Latin, para backpackers Indonesia bisa datang tanpa harus pusing dengan visa ke negara seperti Chili dengan masa tinggal disana selama 90 hari, lalu ada Kolombia dengan masa tinggal di sana selama 180 hari, wah lama banget ya di Kolombia 180 hari.

Itu berarti sama saja dengan kurang lebih 6 bulan masa tinggal disana dengan bebas visa. Tak hanya kedua negara itu, masih ada lagi dua negara Amerika Latin yang juga tentunya membebaskan visa bagi backpackers Indonesia yaitu Republik Dominika dengan masa tinggal disana selama 21 hari and last but not least ada Ekuador dengan masa tinggal disana selama 90 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan.

Negara Bebas Visa

Banyak juga ya negara-negara yang baik hati bisa membebaskan para backpackers berpaspor Indonesia untuk datang dan tinggal selama beberapa saat tanpa harus mengurus visa. Namun tidak hanya sampai di situ, masih ada negara-negara lain yang tak mau kalah untuk membebaskan visa bagi wisatawan berpaspor Indonesia. Berikut ini negara-negaranya :

  • Fiji dengan masa tinggal paling lama 4 bulan,
  • Gambia selama 90 hari,
  • Haiti selama 3 bulan,
  • Laos selama 30 hari atau masa berlaku paspor minimal 6 bulan,
  • Malaysia selama 30 hari atau masa berlaku paspor minimal 6 bulan,
  • Micronesia (30 hari/masa berlaku paspor minimal 120 hari),
  • Maroko selama 3 bulan,
  • Peru selama 183 hari,
  • Filipina selama 30 hari,
  • Saint Vincent and the Grenadines selama 30 hari,
  • Singapura 30 hari/masa berlaku paspor minimal 6 bulan,
  • Thailand selama 30 hari atau masa berlaku paspor minimal 6 bulan,
  • Vietnam 30 hari atau masa berlaku paspor minimal 6 bulan,
  • dan yang terakhir sebagai negara ke 19 yang membebaskan visa untuk wisatawan berpaspor Indonesia.

Demikian informasi perihal negara bebas visa untuk backpacker Indonesia, kami harap post ini membantu kalian. Mohon post ini dishare supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *